about me

about me
Life Is Simple

tentang saya

tentang saya

Minggu, 21 Juni 2015

TRANSPARENCY PADA PERUSAHAAN

MENCIPTAKAN TRANSPARASI PADA PERUSAHAAN 


  Transparasi tidak hanya untuk internal suatu perusahaan, namun transparasi juga dibutuhkan untuk ke publik. Untuk menciptakan transparasi pada perusahaan , maka kita harus mengupayakan hal yang perlu dilakukan dalam meningkatkan transparansi perusahaan kepada publik, seperti : Pendayagunaan berbagai jalur komunikasi baik langsung dan tidak langsung melalui temu wicara maupun media cetak maupun elektronik, Membuat prosedur pengaduan apabila informasi tidak sempat ke publik, Menyiapkan kebijakan yang jelas tentang cara mendapatkan informasi, bentuk informasi yang dapat diakses publik dan informasi yang bersifat rahasia.
Transparansi bertujuan untuk menghindarkan seseorang dari rasa curiga orang lain kepadanya, dari fitnah, dari persepsi negatif, dan juga menjauhkan dirinya dari energi korupsi. Jadi, bila perusahaan tidak ingin dinilai buruk, dinilai melakukan korupsi atau menyalahgunakan jabatan dan wewenang dan sebagainya, maka bekerjalah dengan transparan. Jadilah terbuka dan tunjukkan pola kerja dengan tingkat transparansi yang sempurna.
    Jika dalam perusahaan tidak ada transparasi maka penyalahgunaan jabatan dan kekuasaan untuk keuntungan pribadi pasti akan dilakukan. Tanpa transparansi akan tercipta ruang gelap (Korupsi) dalam sistem kerja. Jelas, di dalam kondisi seperti ini, orang-orang yang lemah integritas pribadinya dan yang terobsesi untuk kaya dengan segala cara berpotensi melakukan korupsi. Biasanya, mereka yang lemah ini akan menyalahgunakan sumber daya perusahaan termasuk sumber daya keuangannya. Dengan menciptakan transparasi dalam perusahaan maka akan membangun kepercayaan dalam diri setiap orang di dalam organisasi, untuk menjadi lebih setia dan melayani organisasi dengan sepenuh hati, dan dengan adanya Transparansi akan mencegah niat untuk melakukan korupsi, sehingga perusahaan dapat beroperasi secara efektif dan efisien.

  Transparasi adalah suatu keterbukaan dalam  mengelola suatu kegiatan. Transparasi sangat dibutuhkan dalam perusahaan sebab jika tidak ada keterbukaan dalam suatu perusahaan maka akan menimbulkan kejanggalan. Misalnya transparasi dalam bidang pendapatan suatu perusahaan, dimana tidak hanya seorang pemimpin yang mengetahui tentang berapa besar pendapatan yang telah di dapatkan dalam suatu periode, tetapi karyawan atau staf nya juga berhak untuk mengetahui berapa pendapatan yang dicapai dalam suatu perusahaan. Hal ini karena untuk menyesuaikan berapa besar gaji yang akan didapat oleh karyawannya. Di lembaga-lembaga, misalnya Bank di bidang manajemen keuangannya itu harus ada keterbukaan sumber keuangan dan jumlahnya, rincian penggunaannya, dan pertanggung jawabannya yang harus jelas dan mudah dipahami sehingga dapat  memudahkan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengetahuinya. Komunikasi yang harus diterapkan supaya terciptanya transparasi pada perusahaan ini.

0 komentar: