TAHAP PEMBANGUNAN E-BUSSINES
Dalam membangun sistem e-Business buka hanya mengkomputerisasi SI bisnis yang kemudian dihubungkan ke Internet. Jika pemahaman itu yang menjadi landasan dalam membangun sistem e-Business, maka sistem itu sulit untuk bertahan.
Sehingga dibutuhkan Dorongan seperti :
Adanya keinginan yang kuat dan konsisten untuk membangun hubungan langsung dengan konsumen.
Sehingga dibutuhkan Dorongan seperti :
Adanya keinginan yang kuat dan konsisten untuk membangun hubungan langsung dengan konsumen.
- Pembangunan Jaringan Komunitas.
- Perluasan pasar.
- Masuk era persaingan global
Yang dibutuhkan dalam Pembentukkan Sistem E-Business
- Mendayagunakan komputer personal, jaringan komputer dan Internet seoptimal mungkin.
- Membangun halaman web untuk jalinan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen secara efektif dan fleksibel.
- Membangun SI e-Business yang efektif.
Tahap – Tahap Pembentukkan Sistem E-Business
- Tahap Perencanaan E-Business
- Memahami permasalahan yang muncul dan mendefinisikan secara rinci.
- Merumuskan kasus-kasus bisnis yang ingin diselesaikan.
- Mengestimasikan total investasi yang akan disediakan.
- Rencana aksi yang konkrit.
2. Tahap Analisis E-Business
Menurut Mc.Leod terdapat 6 dimensi kelayakan :Kelayakan teknis, Pengembalian ekonomis, Pengembalian non-ekonomis, Hukum dan etika, Operasional, Jadwal.
Faktor lain : Kelayakan organisasi, Kemungkinan permodalan, Tingkat kompetisi produk, Harga sistem. Untuk tahap ini harus dilakukan seobyektif mungkin agar hasilnya tidak bias.
Tahap Perancangan E-Business
Fase pemahaman kriteria kebutuhan sistem.
Selain memperhatikan rekomendasi kelayakan, perlu memperhatikan :
- Kebutuhan Perusahaan
- Kebutuhan Operator
- Kebutuhan Teknis
Tahap Pemaparan E-Business
Tahap ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan rancangan yang telah disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan
Implementasi untuk prosedur di dalam teknologi komputer akan menggunakan bahasa komputer
Sementara itu, untuk proses yang terdapat di luar sistem komputer, disusunlah sebuah konvensi atau perjanjian atau tata tertib, agar setiap orang yang terlibat dapat mengikuti alur yang telah ditetapkan
Untuk merealisasikan sistem pada tahap pemaparan ini, ditempuh beberapa metode, antara lain, penggunaan paket aplikasi, pengembangan oleh staf sendiri (insourcing), dan pengembangnan yang dilakukan dengan kerjasama dari pihak luar seperti konsultan atau software house (outsourcing)
Faktor yang menyebabkan Kegagalan SI E-Business
Sering orang memandang SI e-Business adalah paling utama dan penting, sementara melupakan komitmen dan konsistensi terhadap materi informasi, produk dan respon layanan kepada konsumen.
Antar-muka SI e-Business sering kurang interaktif,kurang komunikatif dan kurang mudah digunakan oleh konsumen, karena antar muka sering dibangun berdasarkan selera pembuatnya.
Perubahan cara pandang, pola berbisnis, dan sistim dari tradisonal dan lokal menjadi moderen dan global; perusahaan dan pebisnis membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.
SEMOGA BERMANFAAT KAWAN ;) ^.^
0 komentar:
Posting Komentar