about me

about me
Life Is Simple

tentang saya

tentang saya

Jumat, 24 April 2015

e-Commerce

            
Sejarah E-Commerce

Penerapan ElectronicCommerce bermula diawal tahun 1970-an, dengan adanya Electronic 
Found Transfer(EFT). Saat itu, tingkat aplikasinya masih terbatas pada perusahaan besar, 
lembaga keungan, dan beberapa perusahaan kecil. Kemudian muncuk Electronik Data 
Interchange(EDI), yang berkembang dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lain, 
Jumlah perusahaan yang ikut serta menjadi besar, mulai dari lembaga keuangan sampai 
perusahaan manufaktur, layanan dsb. Aplikasi lain kemudian muncul, memiliki jangkauan dari 
perdagangan saham hingga sistem reservasi perjalanan, aplikasi ini disebut aplikasi 
telekomunikasi.

Dengan adanya komersial internet di awal tahun 1990-an maka muncul istilah 
ElectronicCommerce. Alasan bagi pesatnya perkembangan teknologi tersebut karena 
perkembangan jaringan, software, meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis.


Defini E-Commerce dari beberapa sudut pandang:

1. Komunikasi, E-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan,atau sarana 
elektronik lainnya.

2. Proses bisnis, E-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan 
aliran kerja perusahaan.

3. Layanan E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, 
konsumen dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang 
dan kecepatan pelayanan.

    Online, E-Commerce berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di 
internet dan jasa online lainnya.

Klasifikasi E-Commerce:

  1. Business to Business (B2B) :E-Commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di Electronicmarket.
  2. Businessto Costumer (B2C) :Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.3.
  3. Customer to Customer (C2C) :Konsumen menjual secara langsung ke konsumen lain. Atau mengiklankan jasa pribadi di Internet.
  4. Customer to Business (C2B) :Perseorangan yang menjual produk/layanan ke organisasi, perseorangan yang mencari  penjual, berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi.
  5. Nonbusiness E-commerce :Lembaga non bisnis seperti akademis, organisasi, orgasnisasi keagamaan, organisasi sosial  dan lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya guna meningkatkan operasi dan layanan publik
  6. Intrabusiness (organiszational) E-commerce :Termasuk kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet yang melibatkan pertukaran barang, jasa/informasi.

a. Pengertian E-commerce
E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa 
melalui Internet. Dalam pengertian yang paling umum, hanya menciptakan situs Web yang 
mengiklankan dan mempromosikan produk anda dapat dianggap “e-commerce.” dalam 
beberapa tahun terakhir, bagaimanapun e-commerce telah menjadi jauh lebih canggih. Bisnis 
e-commerce sekarang menawarkan toko online yang rumit di mana pelanggan dapat 
mengakses ribuan produk, pemesanan, pilih metode pengiriman yang diinginkan dan 
membayar untuk pembelian menggunakan kartu kredit mereka.

b. manfaat e-commerce bagi konsumen


    Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi 
lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.

    Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa 
memilih berbagai produk dari banyak vendor.

    Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada 
pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara 
cepat.

    Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan 
pengiriman menjadi sangat cepat.

    Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi 
hari atau minggi.

    Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).

    Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan 
pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.

    Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan 
diskon secara substansial.

 c. manfaat e-commerce bagi masyarakat

    Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak 
banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas 
di jalan serta mengurangi polusi udara.

    Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih 
rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan 
taraf hidup mereka.

    Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah 
pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. 
Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.

    Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, 
pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang 
lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, 
misalnya, bisa menajangkau pasien di daerah pedesaan.

d. Manfaat e-commerce bagi bisnis
    Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu 
dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.

    e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang 
melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak 
digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan 
dengan jenis bisnis tradisional.

Contoh E-Commerce
Belanja Online
Membeli dan menjual barang di Internet adalah salah satu contoh paling populer dari e- 
commerce. Penjual membuat etalase produk di internet layaknya outlet ritel. Pembeli dapat 
mencari dan membeli produk dengan klik mouse. Contoh populer untuk tempat belanja secara 
online adalah Amazon.com.

Pembayaran Elektronik

Ketika kita membeli barang secara online, perlu ada mekanisme untuk membayar online juga, 
yang mana melakukan pembayaran cukup dengan mengetikkan sederetan angka dan kode 
serta klik mouse yang dilakukan pada komputer yang online
Pembayaran elektronik adalah cara yang efisien dikarenakan tidak lagi memerlukan proses 
menulis dan mengirimkan cek atau tagihan. Pembayaran secara online juga menutupi celah 
keamanan yang timbul pada sitem pembayaran yang dilakukan dalam mata uang kertas.

Lelang online.
Situs lelang online terkenal adalah eBay. Lelang fisik telah lama populer mendahului lelang 
online, tetapi Internet membuat lelang bisa diakses oleh sejumlah besar pembeli dan penjual. 
Pelelangan online merupakan mekanisme yang efisien untuk penemuan harga. Banyak pembeli 
online lebih tertarik dengan mekanisme lelang daripada belanja di toko biasa.

Internet Banking.
Sekarang ini sangat memungkinkan bagi kita untuk melakukan keseluruhan transaksi 
perbankan tanpa harus beranjak dari kursi rumah kita mengunjungi cabang bank terdekat. 
Keterhubungan antara website dengan rekening bank, dan dengan kartu kredit merupakan 
pokok utama dalam e-commerce.

Tiket online
Tiket pesawat terbang, tiket film, tiket kereta api, tiket pertunjukan musik, tiket 
pertandingan olahraga, tiket konser musik, dan hampir semua jenis tiket dapat dipesan 
secara online. Membeli tiket secara online menjadikan kita tidak harus capek mengantri di 
depan loket penjualan tiket.
Jenis E-commerce

E-commerce dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis pengguna dalam transaksi:

Bisnis ke Bisnis (B2B)
Transaksi B2B e-commerce adalah sebuah transaksi yang melibatkan dua pihak yang sama-
sama organisasi atau pelaku bisnis seperti, produsen, pedagang, pengecer dan sejenisnya.

Business ke Konsumen (B2C)
Transaksi antara penjual, produsen dengan konsumen pemakai produk.

Konsumen untuk Konsumen (C2C)
Agak susah mengartikan C2C tapi beberapa transaksi awal dalam sistem ekonomi global 
melibatkan barter – jenis transaksi C2C. Situs lelang adalah contoh yang baik dari C2C e-
commerce.
Manfaat E-commerce.

Cara efisien dalam bertransaksi dikarenakan meniadakan batasan wilayah geografis dan 
batasan waktu, artinya transaksi ecommerce bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja 
selama dapat terhubung secara online. Dalam proses ini, e-commerce biasanya mempermudah 
operasional dan menurunkan biaya.
Bentuk khusus E-commerce

Contoh bentuk khusus E-commerce adalah:

Mcommerce
Mcommerce singkatan dari “mobile commerce.” Cepatnya penetrasi perangkat mobile dengan 
akses internet telah membuka jalan yang lapang untuk perkembangan ecommerce hingga 
menjangkau banyak kalangan.

Fcommerce
Fcommerce adalah singkatan dari “Facebook commerce.” Ini istilah yang agak kurang 
populer. Saya tidak menemukan makna yang lebih detil tentang fcommerce selain dari bahwa 
popularitas Facebook yang mendunia memberikan peluang pengguna facebook untuk 
bertransaksi bisnis melalui facebook.

e. Pentingnya e-commerce:

    Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses 
internet dan interface-nya menggunakan web browser Menjadikan portal e-commerce / e-
shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan 
membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan 
sebagai pusat informasi(release,product review, konsultasi, etc).

    Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan 
konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis,Informatif dan 
komunikatif

    Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis  Model pembayaran : kartu 
kredit atau transfer.

Keuntungan-keuntungan e-Commerce :
yang diuntungkan, seperti di uraikan berikut ini :
A. Untuk Organisasi

    Memperluas pasar perusahaan ke pasar nasional bahkan internasional

    Memungkinkan perusahaan untuk memperoleh barang atau layanan dari perusahaan
    lain secara cepat dengan biaya yang minimal.

    Mempersingkat atau mengurangi jalur distribusi pasar (marketing distribution channel). 
Barang jadi lebih murah dan keuntungan menjadi lebih tinggi.

    Mengurangi (sebanyak 90%) biaya pembuatan, proses, penyaluran, penyimpanan, dan 
mendapatkan informasi dengan adanya proses digital.

    Dapat mengurangi inventori barang dengan memfasilitasi pull-type supply chain 
management. Ini memungkinkan modifikasi produk dan mengurangi biaya inventori.

    Membantu bisnis kecil untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.

B. Untuk Pelanggan

    Menyediakan produk-produk dan layanan yang tidak mahal dengan memungkinkan 
konsumen untuk melakukan perbandingan secara online

    Memberikan konsumen lebih banyak pilihan. Memungkinkan konsumen untuk melakukan 
transaksi dalam 24 jam sehari, hampir di mana saja.

    Memberikan informasi yang relevan dalam hitungan detik.

    Memungkinkan konsumen untuk mendapatkan produk yang dapat dimodifikasi dengan 
harga yang bersaing.

    Memungkikan bagi orang untuk bekerja dan belajar di rumah.

    Memungkinkan lelang secara elektronik.

    Memungkinkan konsumen untuk berinteraksi pada komunitas elektronik dan untuk 
bertukar pikiran dan membandingkan pengalaman.

C. Untuk Masyarakat

    Memungkinkan tiap individu untuk bekerja di rumah dan mengurangi berpergian, sehingga 
mengurangi kepadatan jalan raya, polusi udara.

    Memungkinkan barang-barang dijual dengan harga yang rendah, sehingga meningkatkan 
taraf hidup masyarakat.

    Memungkinkan orang untuk membangun negara dan daerah-daerah desa untuk menikmat 
produk-produk dan layanan yang tidak ada jika tidak melalui e-commerce. Hal ini termasuk 
kesempatan untuk mempelajarai profesi dan memperoleh gelar sekolah atau untuk 
mendapatkan perawatan kesehatan.

    Memfasilitasi pemberian pelayanan umum, hal ini mengurangi biaya distribusi dan 
kesempatan terjadinya penipuan,serta meningkatkan kualitas layanan sosial, kerja polisi, 
layanan kesehatan dan pendidikan.

Kekurangan E-commerce

Walaupun adanya e-commerece banyak keuntungan masih terdapat berbagi kekurangan dari 
e-commerce anata lain :

1.Bagi Organisasi / Perusahaan :
A.Keamana sistem rentan diserang

Terdapat sejumlah laporan mengenai website dan basis dat ayang dihack, dan berbagai 
lubang kelemahan keamanan dalam software.Hal ini dialami oleh sejumlah perusahaan besar 
seperti Microsoft dan lembaga perbankan masalah keamanan ini menjadi sanagat penting 
karena bila pihak lain yang tidak berwenag bisa menembus sistem maka dapat 
menghancurkan bisnis yang telah berjalan .



B.Persaingan tidak sehat

Dibawah tekanan untuk berinovasi dan membangun bisnis untuk memanfaatkan kesempatan 
yang ada dapat memicu terjadinya tindakan ilegal yaitu penjiplakan ide dan perang harga.

C.Masalah kompabilitas teknologi lama dengan yang lebih baru

Dengan perkembangan dan inovasi yang melahirkan teknologi baru ,sering muncul masalah 
yaitu sistem bisnis lama yang tidak dapat berkomunikasi dengan infrastuktur bebasis web 
dan internet.Hal ini memaksa perusahaan untuk menjalakan dua sistem independen yang 
tidak dapat saling berbagi , hal ini dapat mengakibatkan pembekan biaya.



2.Bagi Konsumen

A.Perlunya Keahlian Komputer

Tanpa menguasi keahlian komputer , mustahil konsumen dapat berpartisipasi dal;am e- 
commerce.Pengetahuan dasar komputer diperlukan, anatar lain mengenai internet dan web.



B.Biaya tambahan untuk mengakses internet untuk ikut serta dalam e-commerce dibutuhkan 
koneksi internet yang tentu saja menambah pos pengeluaran bagi konsumen .



C.Biaya Peralatan Komputer

Komputer diperlukan untuk mengakses internet , tentu saja dibutuhan biaya untuk juga 
mengupdate peralatan apabila tidak ingin ketinggalan teknologi



D.Resiko bocornya privasi dan data pribadi

Segala hal mungkin terjadi saat konsumen mengakses internet untuk menjalankan e- 
commerce,termasuk resiko bocornya data pribadi karena ulah orang yang membobol sistem.



E.Berkurangnya waktu untuk berintergrasi secara langsung dengan orang lain

Transaksi e-commerce yang berlangsug secara online telah mengurangi waktu konsumen 
untuk dapat melakukan proses sosial dengan orang lain.al ini tidak baik karena 
dikhawatirkan akan dapat mengurangi rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya .



F.Berkurangnya rasa kepercayaan konsumen


3.Bagi Masyarakat


A.Berkurangnya interaksi antar manusia

karena masyarakat lebih sering berintergrasi secara elektronik , dimungkinkan akan 
berkurangnya kemampuan sosial dan personal manusia untuk bersosisalisasi dengan orang 
lain secara langsung.



B.Kesenjangan sosial

Terdapat bahaya potensial karena dapat terjadi kesenjangan sosial anata orang – orang 
yang memiliki kemampuan teknis dalam e-commerce dengan yang tidak memiliki keahlian 
digaji lebih tinggi darpiada yang tidak .



C.Adanya sumber daya yang terbuang

Munculnya teknologi baru akan membuat teknologi lama tidak dimanfaatkan lagi.Misalnya 
dengan komputer model lama atau software model lama yang sudah tidak relvan untuk 
digunakan.



D.Sulitnya mengatur internet

Sejumlah kriminalitas telah terjadi di internet dan banyak yang tidak terdeteksi .karena 
jumlah jaringan yang terus berkembag semakin luas dan jumlah pengguna yang semakin 
banyak, seringkali membuat pihak berwenag kesulitan dalam membuat peraturan untuk 
internet .


inilah pembahasan mengeni e-commerce
semoga Bisa di Manfaatkan ;)

0 komentar: