Sejarah E-Commerce
Penerapan ElectronicCommerce bermula diawal tahun 1970-an, dengan adanya Electronic
Found Transfer(EFT). Saat itu, tingkat aplikasinya masih terbatas pada perusahaan besar,
lembaga keungan, dan beberapa perusahaan kecil. Kemudian muncuk Electronik Data
Interchange(EDI), yang berkembang dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lain,
Jumlah perusahaan yang ikut serta menjadi besar, mulai dari lembaga keuangan sampai
perusahaan manufaktur, layanan dsb. Aplikasi lain kemudian muncul, memiliki jangkauan dari
perdagangan saham hingga sistem reservasi perjalanan, aplikasi ini disebut aplikasi
telekomunikasi.
Dengan adanya komersial internet di awal tahun 1990-an maka muncul istilah
ElectronicCommerce. Alasan bagi pesatnya perkembangan teknologi tersebut karena
perkembangan jaringan, software, meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis.
Defini E-Commerce dari beberapa sudut pandang:
1. Komunikasi, E-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan,atau sarana
elektronik lainnya.
2. Proses bisnis, E-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan
aliran kerja perusahaan.
3. Layanan E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan,
konsumen dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang
dan kecepatan pelayanan.
Online, E-Commerce berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di
internet dan jasa online lainnya.
Klasifikasi E-Commerce:
- Business to Business (B2B) :E-Commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di Electronicmarket.
- Businessto Costumer (B2C) :Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.3.
- Customer to Customer (C2C) :Konsumen menjual secara langsung ke konsumen lain. Atau mengiklankan jasa pribadi di Internet.
- Customer to Business (C2B) :Perseorangan yang menjual produk/layanan ke organisasi, perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi.
- Nonbusiness E-commerce :Lembaga non bisnis seperti akademis, organisasi, orgasnisasi keagamaan, organisasi sosial dan lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya guna meningkatkan operasi dan layanan publik
- Intrabusiness (organiszational) E-commerce :Termasuk kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet yang melibatkan pertukaran barang, jasa/informasi.
a. Pengertian E-commerce
E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa
melalui Internet. Dalam pengertian yang paling umum, hanya menciptakan situs Web yang
mengiklankan dan mempromosikan produk anda dapat dianggap “e-commerce.” dalam
beberapa tahun terakhir, bagaimanapun e-commerce telah menjadi jauh lebih canggih. Bisnis
e-commerce sekarang menawarkan toko online yang rumit di mana pelanggan dapat
mengakses ribuan produk, pemesanan, pilih metode pengiriman yang diinginkan dan
membayar untuk pembelian menggunakan kartu kredit mereka.
b. manfaat e-commerce bagi konsumen
Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi
lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa
memilih berbagai produk dari banyak vendor.
Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada
pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara
cepat.
Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan
pengiriman menjadi sangat cepat.
Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi
hari atau minggi.
Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan
pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan
diskon secara substansial.
c. manfaat e-commerce bagi masyarakat
Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak
banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas
di jalan serta mengurangi polusi udara.
Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih
rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan
taraf hidup mereka.
Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah
pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC.
Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan,
pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang
lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan,
misalnya, bisa menajangkau pasien di daerah pedesaan.
d. Manfaat e-commerce bagi bisnis
Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu
dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang
melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak
digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan
dengan jenis bisnis tradisional.
Contoh E-Commerce
Belanja Online
Membeli dan menjual barang di Internet adalah salah satu contoh paling populer dari e-
commerce. Penjual membuat etalase produk di internet layaknya outlet ritel. Pembeli dapat
mencari dan membeli produk dengan klik mouse. Contoh populer untuk tempat belanja secara
online adalah Amazon.com.
Pembayaran Elektronik
Ketika kita membeli barang secara online, perlu ada mekanisme untuk membayar online juga,
yang mana melakukan pembayaran cukup dengan mengetikkan sederetan angka dan kode
serta klik mouse yang dilakukan pada komputer yang online
Pembayaran elektronik adalah cara yang efisien dikarenakan tidak lagi memerlukan proses
menulis dan mengirimkan cek atau tagihan. Pembayaran secara online juga menutupi celah
keamanan yang timbul pada sitem pembayaran yang dilakukan dalam mata uang kertas.
Lelang online.
Situs lelang online terkenal adalah eBay. Lelang fisik telah lama populer mendahului lelang
online, tetapi Internet membuat lelang bisa diakses oleh sejumlah besar pembeli dan penjual.
Pelelangan online merupakan mekanisme yang efisien untuk penemuan harga. Banyak pembeli
online lebih tertarik dengan mekanisme lelang daripada belanja di toko biasa.
Internet Banking.
Sekarang ini sangat memungkinkan bagi kita untuk melakukan keseluruhan transaksi
perbankan tanpa harus beranjak dari kursi rumah kita mengunjungi cabang bank terdekat.
Keterhubungan antara website dengan rekening bank, dan dengan kartu kredit merupakan
pokok utama dalam e-commerce.
Tiket online
Tiket pesawat terbang, tiket film, tiket kereta api, tiket pertunjukan musik, tiket
pertandingan olahraga, tiket konser musik, dan hampir semua jenis tiket dapat dipesan
secara online. Membeli tiket secara online menjadikan kita tidak harus capek mengantri di
depan loket penjualan tiket.
Jenis E-commerce
E-commerce dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis pengguna dalam transaksi:
Bisnis ke Bisnis (B2B)
Transaksi B2B e-commerce adalah sebuah transaksi yang melibatkan dua pihak yang sama-
sama organisasi atau pelaku bisnis seperti, produsen, pedagang, pengecer dan sejenisnya.
Business ke Konsumen (B2C)
Transaksi antara penjual, produsen dengan konsumen pemakai produk.
Konsumen untuk Konsumen (C2C)
Agak susah mengartikan C2C tapi beberapa transaksi awal dalam sistem ekonomi global
melibatkan barter – jenis transaksi C2C. Situs lelang adalah contoh yang baik dari C2C e-
commerce.
Manfaat E-commerce.
Cara efisien dalam bertransaksi dikarenakan meniadakan batasan wilayah geografis dan
batasan waktu, artinya transaksi ecommerce bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja
selama dapat terhubung secara online. Dalam proses ini, e-commerce biasanya mempermudah
operasional dan menurunkan biaya.
Bentuk khusus E-commerce
Contoh bentuk khusus E-commerce adalah:
Mcommerce
Mcommerce singkatan dari “mobile commerce.” Cepatnya penetrasi perangkat mobile dengan
akses internet telah membuka jalan yang lapang untuk perkembangan ecommerce hingga
menjangkau banyak kalangan.
Fcommerce
Fcommerce adalah singkatan dari “Facebook commerce.” Ini istilah yang agak kurang
populer. Saya tidak menemukan makna yang lebih detil tentang fcommerce selain dari bahwa
popularitas Facebook yang mendunia memberikan peluang pengguna facebook untuk
bertransaksi bisnis melalui facebook.
e. Pentingnya e-commerce:
Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses
internet dan interface-nya menggunakan web browser Menjadikan portal e-commerce / e-
shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan
membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan
sebagai pusat informasi(release,product review, konsultasi, etc).
Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan
konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis,Informatif dan
komunikatif
Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis Model pembayaran : kartu
kredit atau transfer.
Keuntungan-keuntungan e-Commerce :
yang diuntungkan, seperti di uraikan berikut ini :
A. Untuk Organisasi
Memperluas pasar perusahaan ke pasar nasional bahkan internasional
Memungkinkan perusahaan untuk memperoleh barang atau layanan dari perusahaan
lain secara cepat dengan biaya yang minimal.
Mempersingkat atau mengurangi jalur distribusi pasar (marketing distribution channel).
Barang jadi lebih murah dan keuntungan menjadi lebih tinggi.
Mengurangi (sebanyak 90%) biaya pembuatan, proses, penyaluran, penyimpanan, dan
mendapatkan informasi dengan adanya proses digital.
Dapat mengurangi inventori barang dengan memfasilitasi pull-type supply chain
management. Ini memungkinkan modifikasi produk dan mengurangi biaya inventori.
Membantu bisnis kecil untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.
B. Untuk Pelanggan
Menyediakan produk-produk dan layanan yang tidak mahal dengan memungkinkan
konsumen untuk melakukan perbandingan secara online
Memberikan konsumen lebih banyak pilihan. Memungkinkan konsumen untuk melakukan
transaksi dalam 24 jam sehari, hampir di mana saja.
Memberikan informasi yang relevan dalam hitungan detik.
Memungkinkan konsumen untuk mendapatkan produk yang dapat dimodifikasi dengan
harga yang bersaing.
Memungkikan bagi orang untuk bekerja dan belajar di rumah.
Memungkinkan lelang secara elektronik.
Memungkinkan konsumen untuk berinteraksi pada komunitas elektronik dan untuk
bertukar pikiran dan membandingkan pengalaman.
C. Untuk Masyarakat
Memungkinkan tiap individu untuk bekerja di rumah dan mengurangi berpergian, sehingga
mengurangi kepadatan jalan raya, polusi udara.
Memungkinkan barang-barang dijual dengan harga yang rendah, sehingga meningkatkan
taraf hidup masyarakat.
Memungkinkan orang untuk membangun negara dan daerah-daerah desa untuk menikmat
produk-produk dan layanan yang tidak ada jika tidak melalui e-commerce. Hal ini termasuk
kesempatan untuk mempelajarai profesi dan memperoleh gelar sekolah atau untuk
mendapatkan perawatan kesehatan.
Memfasilitasi pemberian pelayanan umum, hal ini mengurangi biaya distribusi dan
kesempatan terjadinya penipuan,serta meningkatkan kualitas layanan sosial, kerja polisi,
layanan kesehatan dan pendidikan.
Kekurangan E-commerce
Walaupun adanya e-commerece banyak keuntungan masih terdapat berbagi kekurangan dari
e-commerce anata lain :
1.Bagi Organisasi / Perusahaan :
A.Keamana sistem rentan diserang
Terdapat sejumlah laporan mengenai website dan basis dat ayang dihack, dan berbagai
lubang kelemahan keamanan dalam software.Hal ini dialami oleh sejumlah perusahaan besar
seperti Microsoft dan lembaga perbankan masalah keamanan ini menjadi sanagat penting
karena bila pihak lain yang tidak berwenag bisa menembus sistem maka dapat
menghancurkan bisnis yang telah berjalan .
B.Persaingan tidak sehat
Dibawah tekanan untuk berinovasi dan membangun bisnis untuk memanfaatkan kesempatan
yang ada dapat memicu terjadinya tindakan ilegal yaitu penjiplakan ide dan perang harga.
C.Masalah kompabilitas teknologi lama dengan yang lebih baru
Dengan perkembangan dan inovasi yang melahirkan teknologi baru ,sering muncul masalah
yaitu sistem bisnis lama yang tidak dapat berkomunikasi dengan infrastuktur bebasis web
dan internet.Hal ini memaksa perusahaan untuk menjalakan dua sistem independen yang
tidak dapat saling berbagi , hal ini dapat mengakibatkan pembekan biaya.
2.Bagi Konsumen
A.Perlunya Keahlian Komputer
Tanpa menguasi keahlian komputer , mustahil konsumen dapat berpartisipasi dal;am e-
commerce.Pengetahuan dasar komputer diperlukan, anatar lain mengenai internet dan web.
B.Biaya tambahan untuk mengakses internet untuk ikut serta dalam e-commerce dibutuhkan
koneksi internet yang tentu saja menambah pos pengeluaran bagi konsumen .
C.Biaya Peralatan Komputer
Komputer diperlukan untuk mengakses internet , tentu saja dibutuhan biaya untuk juga
mengupdate peralatan apabila tidak ingin ketinggalan teknologi
D.Resiko bocornya privasi dan data pribadi
Segala hal mungkin terjadi saat konsumen mengakses internet untuk menjalankan e-
commerce,termasuk resiko bocornya data pribadi karena ulah orang yang membobol sistem.
E.Berkurangnya waktu untuk berintergrasi secara langsung dengan orang lain
Transaksi e-commerce yang berlangsug secara online telah mengurangi waktu konsumen
untuk dapat melakukan proses sosial dengan orang lain.al ini tidak baik karena
dikhawatirkan akan dapat mengurangi rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya .
F.Berkurangnya rasa kepercayaan konsumen
3.Bagi Masyarakat
A.Berkurangnya interaksi antar manusia
karena masyarakat lebih sering berintergrasi secara elektronik , dimungkinkan akan
berkurangnya kemampuan sosial dan personal manusia untuk bersosisalisasi dengan orang
lain secara langsung.
B.Kesenjangan sosial
Terdapat bahaya potensial karena dapat terjadi kesenjangan sosial anata orang – orang
yang memiliki kemampuan teknis dalam e-commerce dengan yang tidak memiliki keahlian
digaji lebih tinggi darpiada yang tidak .
C.Adanya sumber daya yang terbuang
Munculnya teknologi baru akan membuat teknologi lama tidak dimanfaatkan lagi.Misalnya
dengan komputer model lama atau software model lama yang sudah tidak relvan untuk
digunakan.
D.Sulitnya mengatur internet
Sejumlah kriminalitas telah terjadi di internet dan banyak yang tidak terdeteksi .karena
jumlah jaringan yang terus berkembag semakin luas dan jumlah pengguna yang semakin
banyak, seringkali membuat pihak berwenag kesulitan dalam membuat peraturan untuk
internet .
inilah pembahasan mengeni e-commerce
semoga Bisa di Manfaatkan ;)
0 komentar:
Posting Komentar